WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Friday, May 8, 2015


SARASEHAN I JURUSAN KIMIA
S
arasehan I jurusan kimia telah dilaksanakan pada hari Senin, 27 April 2015 yang bertempat di gedung C5.01.08. Acara tersebut dimulai pukul 16.00 sampai 17.30 yang dihadiri oleh Bapak dan Ibu Dosen Pembina, Ketua jurusan kimia, Sekertaris Jurusan Kimia, Ketua Lab jurusan kimia, beberapa dosen pendukung seperti Dosen Bimbingan dan Konseling Jurusan Kimia. Dan sebagian mahasiswa dari setiap angkatan. Acara tersebut berlangsung dengan lancar meskipun ada sedikit hambatan karena pada sesi akhir acara terjadi kepadaman listrik. Acara tersebut dibuka dengan diawalli sambutan dari Bapak Suyatno sebagai Ketua Jurusan Kimia, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari pak Rusly Hidayah sebagai Dosen Pembina. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari mahasiswa tentang semua keluhan dan fasilitas yang masih kurang. Setelah itu ditanggapi oleh Bapak dan Ibu Dosen Pembina. Acara tersebut hanya berlangsung dengan dua sesi tanya jawab dikarenakan terbatasnya waktu. Banyak mahasiswa yang sangat antusias dengan banyak bertanya dan menyampaikan keluhannya tentang baik itu fasilitas, maupun masalah akademik nya. Adapun pertanyaan pada sesi I ini terdiri dari 3 pertanyaan yaitu :
1.      Apakah dalam waktu dekat ini ada renovasi kebocoran gedung kimia di dekat tangga mengingat hal tersebut bisa sangat membahayakan bagi semua warga kimia yang berjalan melewati tempat tersebut ketika hujan?
Tanggapan dari Kajur Kimia :  Kebocoran itu disebabkan karena fiber atas pecah. Dari pihak jurusan sendiri telah melaporkan ke Fakultas tapi belum ada tindak lanjut lagi dari fakultas. Jika tidak segera ada tindakan, maka pihak jurusan akan merenovasi sendiri dengan uang talangan dari jurusan. Dan pihak jurusan berusaha untuk memanggil cleaning service untuk membersihkan kebocoran tersebut.
2.      Bagaimana dengan ruang C5.01.03 dan C5.01.02 Jika sekat yang ada dalam ruangan diratakan saja karena ruang terlalu sempit dan tidak efektif untuk digunakan untuk perkuliahan?
Tanggapan dari Sekjur : Ruang tersebut dulu merupakan ruang lab biologi dasar sehingga ada sekat meja. Sekat tersebut belum bisa diratakan karena menunggu pemerikasaan dari Dikti. Rencananya kursi tersebut akan diganti dengan kursi kuloah selayaknya yang kemungkinan paling cepat adalah semester depan.
3.      Bagaimana Prosedur dan jadwal jika mahasiswa ingin melakukan bimbingan konseling?
Tanggapan dari Dosen BK (Bapak Mukhlis) : Prosedur Bimbingan pertama, konsultasi ke DPA dulu, bila masalahnya belum bisa diatasi atau malu dengan DPA bisa langsung ke ruang BK Kimia.  
Usulan dari Pak Mukhlis tentang kemajuan keluhan jurusan yaitu dari pihak HMJ untuk menyediakan kotak saran yang dipasang di gedung Kimia yang bertujuan untuk menampung saran dan keluhan dari masyarakat kimia secara umum jika mereka sungkan untuk datang langsung di ruang BK jurusan. Kemudian pihak HMJ setiap 1 minggu sekali untuk mengecek kotak saran tersebut.
Setelah pertanyaan dari Sesi I selesai, dilanjutkan dengan pertanyaan sesi II yaitu :
1.       Bagaimana cara mengatasi kurang adanya inovasi dalam pembelajaran yang diterapkan di UNESA ini? Dan mengapa dalam penelitian lebih banyak melibatkan mahasiswa kimia murni daripada pendidikan?
Tanggapan dari Sekjur dan Bu Nuniek Kalab Kimia : Sebenarnya metode pembelajaran ini telah diatur sesuai kurikulum dan rapat kesepakatan dari pihak kampus. Dan jika mahasiswa masih kurang paham dengan apa yang disampaikan oleh dosen bisa langsung ditanyakan pada saat itu juga. Alasan mengapa dalam penelitian lebih melibatkan anak murni karena mahasiswa murni penelitian ini akan membantu menunjang skripsi nya besok saat semester 8 dan basic dari mahasiswa murni sendiri akan berkecimpung di Lab sedangkan mahasiswa pendidikan lebih ke bagaimana teknik dan mengajarnya bukan pada penelitiannya. Oleh karena itu lebih banyak melibatkan mahasiswa murni daripada pendidikan. Namun dari pihak dosen juga telah memberikan kebebasan kepada mahasiswa pendidikan untuk ikut juga berperan serta.
2.      Bagaimana jika rak buku dalam ruang baca dibuat 1 sap saja dan untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari buku tersebut disediakan katalog?
Tanggapan Sekjur : Berhubung dari pihak petugas perpus ruang baca berhalangan hadir maka saran ini akan disampaikan nantinya kepada petugas perpus ruang baca bagaimana baiknya.
3.      Bagaimana jika ada Dosen yang dari awal tatap muka itu ingin mengganti jam perkuliahan di hari lain dan memaksa untuk hanya ingin diganti pada 1 hari itu saja? Padahal kita pada hari dan jam tersebut sudah ada jam praktikum dan perkuliahan sendiri?
Tanggapan Sekjur : Nanti pada saat evaluasi dosen diadakan pada setiap akhir semester akan kami sampaikan dan akan kami diskusikan bagaimana baiknya. Dan kami dari pihak civitas academica akan menyelidiki dan mencari tau penyebabnya apakah dosen tersebut ada kesibukan di luar ataukah urusan dalam kampus sendiri. Namun diharapkan kepada perwakilan mahasiswa untuk memberitahu ke pihak kami di luar forum ini nama dosen tersebut untuk dilakukan klarifikasi.
Dengan adanya acara Sarasehan ini merupakan ajang dibukanya kesempatan kepada para mahasiswa untuk menyampaikan keluhan dan aspirasinya secara langsung ke pihak dosen maupun pembina agar segera mendapatkan tindak lanjut. 

No comments:

Post a Comment