WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Friday, July 3, 2015



SHECCO BUSINESS PLAN 2015 JURUSAN KIMIA FMIPA UNESA
Minggu (31/5/2015) Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Unesa menggelar Acara Grand Final SHECCO BUSINESS PLAN 2015 yang bertempat di Gedung C6.04.01 jurusan Kimia FMIPA Unesa. Acara ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kegiatan ini merupakan acara puncak dari serangkaian seleksi proposal bisnis plan. Sebelumnya para peserta SHECCO BUSINESS PLAN 2015 diberi waktu dari tanggal 1-12 Mei 2015 untuk menyelesaikan proposal rencana bisnis dan pengumpulan terakhir pada tanggal 13 Mei 2015. Setelah diseleksi oleh panitia, terdapat 14 proposal yang lolos untuk mengikuti Grand Final SHECCO BUSINESS PLAN 2015.
Pada acara puncak ini 14 kelompok yang lolos wajib mempresentasikan rencana bisnisnya dalam bentuk power point. Setiap kelompok mendapatkan alokasi waktu 7 menit untuk memaparkan rencana bisnisnya meliputi penjelasan singkat tentang bisnis, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi hingga analisis SWOT bisnis. Untuk penilaian sendiri dilakukan oleh dewan juri yaitu, Dr. Titik Taufikkurohmah, S.Si, M.Si dan Ir. Siti Tjahjani, M.Kes. Adapun kriteria penilaiannya meliputi performa presentasi, penjawaban pertanyaan juri, slide komunikatif, penguasaan materi, dan team work.
Presentasi pertama oleh kelompok “Tiga Nona” dengan produk “Tahu Isi Jatim” (Tahu Isi Jamur tiram). Kelompok dua oleh “Tilaga” yang berhalangan hadir. Kelompok tiga oleh “Oreo Reo” dengan produk “Platina” (Puding Pintang Kelajar kimia). Kelompok empat oleh “Cupu Group” dengan produk “Sosogo” (siomay). Kelompok lima oleh “Upilu” dengan produk “Tawa Ceria  (Tahu Walik Camilan Ekonomis dengan Racikan Inovatif dan Alami). Kelompok enam oleh “Cabe Juara” dengan produk “Cessium” (Cireng Sehat Harga Minimum). Kelompk tujuh oleh “Trio Scientist” dengan produk “Nugget Omnivora” (olahan nugget). Kelompok depalan oleh Andika,dkk dengan produk “Jamaika” (Jamu Herbal Instan Kaya Manfaat). Kelompok sembilan oleh “Opium” dengan produk “Kura Manis” (Kue Rangin Mantab Abis). Kelompok sepuluh oleh “Spirit” dengan produk “Dabucil” (Dawet Ubi Cilembu). Kelompok sebelas oleh Meita,dkk dengan produk “Kromium” (kroket jagung manis). Kelompok duabelas oleh Thoni, dkk dengan produk “Rokelat” (Roti Kentang Cokelat). Kelompok tigabelas oleh “Cantik” dengan produk “Nasi Oishi Sipo” (nasi goreng). Dan yang terakhir kelompok empatbelas oleh Hani, dkk dengan produk “I’m Kubiko” (Inspiring Mini Kue Cubit Kopi).
Setelah seluruh peserta memaparkan gambaran rencana bisnisnya tibalah saat pengumuman pemenang SHECCO BUSINESS PLAN 2015. Untuk pemenang pertama adalah kelompok Jamaika dengan produk Jamu Herbal. Urutan kedua oleh Cupu Group dengan produk Somay dan yang ketiga oleh kelompok Kromium dengan produk Kroket Jagung.
Melalui kegiatan SHECCO BUSINESS PLAN 2015 ini diharapkan mahasiswa kimia bisa mengembangkan hardskill dan softskill yang lebih baik dalam bidang bisnis.


1 comment: