WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Thursday, April 21, 2016

SARASEHAN I JURUSAN KIMIA FMIPA UNESA

SARASEHAN I JURUSAN KIMIA FMIPA UNESA

Pada hari selasa tanggal 5 April 2016 alhamdulillah SARASEHAN I terselenggarakan dengan sukses dan lancar. Dengan tema yang di ambil yaitu Meningkatkan pelayanan Jurusan Kimia demi merealisasikan dan mempertahankan sertifikat ISO 9001 FMIPA UNESA. Banyak mahasiswa Kimia yang berpartipasi untuk datang menghadiri acara tersebut. Meskipun di sibukkan dengan praktikum-praktikum sama laporan yang sudah siap sedia menunggu untuk dikerjakan. Tidak hanya mahasiswanya para Dosennya pun sangat antusias dalam acara SARASEHAN I kali ini. Acara SARASEHAN I di buka oleh MC tepat pada pukul 16.00 WIB. Kemudian di lanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana dari SARASEHAN I. Lalu sambutan yang kedua dari ketua Jurusan Kimia FMIPA UNESA sendiri bapak Prof.Dr. Suyatno, M.Si.
Masuk pada acara inti yang paling di tunggu-tungu adalah pembacaan angket yang telah di bagikan kepada mahasiswa-mahasiswa jurusan kimia. Pembacaan angket yang pertama adalah Apakah Anda sudah puas dengan sarana prasarana diantaranya  Ruang kelas, Laboratorium, Ruang baca, Kamar mandi, Mushola, Tempat diskusi, dan Perangkat pembelajaran (buku, alat praktikum, LCD-proyektor). Untuk pertanyaan angket yang kedua tentang Apakah Anda sudah puas dengan pelayanan civitas akademik diantaranya Dosen, Staf TU, Staf Ruang Baca, dan Koas. Dengan di sertai penjelasan dari para dosen.



Setelah angket selesai di bacakan maka saatnya sesi pertanyaan. Sesi pertanyaan ini berlangsung sengit. Mahasiswanya sangat antusias sekali dalam sesi tanya jawab ini. Mereka dengan penuh semangat mengajukan pertanyaan mereka dengan lantang.
Sesi 1 Tanya jawab
1.    Bagaimana transparasi ukt sehingga buku praktikum berbayar? Dan kapan pengambilan rutin kotak saran?
2.    Mengapa DPA masih kurang memuaskan?
3.    Bagaimana upaya dari pihak jurusan untuk mengajak mahasiswa mengunjungi ruang baca?
Tanggapan
1.      Nominal ukt tidak semuanya masuk pada jurusan. Pada beberapa periode buku praktikum memang diambil dari uang ukt. Namun tahun lalu setelah biaya buku praktikum dianggarkan uang sulit cair karena terdapat masalah keuangan pada universitas ke pusat. Sehingga tahun ini buku praktikum berbayar karena sulit dianggarkan. Untuk tahun ini anggaran untuk buku praktikum dialihkan untuk hal lain salah satunya program PKM.
Untuk kotak saran, secara periodik minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan kotak saran selalu direkap dan diberikan ke jurusan.
2.      Bimbingan ke DPA 3 kali. Frekuensi pertemuan DPA dan mahasiswa mempengaruhi boring akreditasi prodi. Pihak jurusan sudah menghimbau agar DPA dapat rutin bertemu dengan mahasiswanya. Mahasiswa sendiri perlu mengoptimalkan untuk bimbingan rutin dengan DPA masing-masing.
3.      Untuk ruang baca pihak jurusan setiap tahun sudah mencoba menambah koleksi buku referensinya.
Sesi 2 tanya jawab
1.      Mengenai tempat diskusi, dimana tempat diskusi jurusan? Mahasiswa masih kesulitan mencari tempat diskusi.
2.      Pukul berapa TU buka? Ketika pagi mahasiswa sulit mendapat kertas ulangan padahal butuh untuk kuis dan lain sebagainya.
Tanggapan
1.      Tempat diskusi dapat memanfaatkan tempat-tempat luang. Namun, lebih baik mahasiswa tidak berdiskusi di ruang laboratorium. Rencana tempat diskusi berupa gazebo sudah ada namun belum terealisasi karena masih banyak juga fasilitas jurusan yang harus di perbaiki. Gazebo rencana akan dibangun diantara c5 dan c6.
2.      Jam kerja TU dan semua karyawan adalah jam 8-4 sore.
-          Untuk musholah jurusan, mahasiswa diharapkan memiliki kesadaran agar fasilitas yang ada dimusholah seperti mukenah dll dapat dijaga.
-          Untuk kamar mandi, kamar mandi laki-laki dan perempuan mohon dipisah. Mahasiswa dapat berinisiatif membuat gambar-gambar agar kamar mandi dapat dengan jelas terpisah antara laki-laki dan perempuan.
-          Untuk tempat sampah, mahasiswa diharap dapat menjaga kebersihan dijurusan dan membuang sampah pada tempatnya. Nantinya, akan di rencanakan adanya pemilahan sampah di jurusan kimia.
-          Agar informasi dan program dari jurusan dapat tersampaikan dengan baik, PJ matakuliah dan PK akan di minta nomer yang dapat dihubungi untuk di gabungkan dalam satu grub agar informasi dapat lebih mudah tersampaikan.
-          Program dari fakultas, untuk setiap lantai diusahakan akan diberikan meja, kursi dan stop kontak.
-          Untuk mendukung program eco campus, didalam kelas tidak diperbolehkan makan dan minum

Dan pada pukul 17.30 WIB SARASEHAN I 2016 di tutup. Dan alhamdulillah acaranya berjalan lancar dan sukses. Semoga dengan adanya SARASEHAN ini dapat membawa jurusan kimia lebih baik lagi sesuai dengan temanya Menigkatkan pelayanan jurusan kimia demi merealisaikan dan mempertahankan sertifikat ISO9001 FMIPA UNESA. Dan sampai bertemu di SARASEHAN II. “KIMIA SATU HATI”

No comments:

Post a Comment