WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Friday, August 12, 2016

UPGRADING KIMIA UNESA 2016

Hallo sobat Kimia !!! 

Kesuksesan dalam suatu organisasi dapat dilihat dari kesolidan dan sinergi antara pengurus inti dengan pengurus harian. Dalam rangka meningkatkan keakraban dan membentuk kesolidan pengurus, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia (HMJ Kimia) 2016 mengadakan kegiatan Upgrading Kimia Unesa pada hari Sabtu – Minggu tanggal 6-7 Agustus 2016 di Villa Cemara, Pacet Mojokerto. Upgrading merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan adalah dalam organisasi dibutuhkan seorang pengurus yang memiliki tekat dan jiwa yang sejalan agar dapat menjalankan suatu organisasi dengan sinergis. Oleh karena itu, diperlukan adanya penataan niat bagi anggota pengurus HMJ Kimia 2016 sehingga dari Upgrading pengurus HMJ Kimia 2016 akan terjalin rasa persaudaraan diantara pengurus, kemampuan berorganisasi akan meningkat, serta membangun perkembangan, kinerja, dan aras keharmonisan pengurus HMJ Kimia 2016 baik dalam setiap departemen maupun secara keseluruhan.
Keberangkatan menuju lokasi yang bertempat di Pacet pada hari Sabtu, 6 Agustus 2016 pukul 08.00 WIB. Semua pengurus berkumpul di Sekretariat Ormawa Kimia (SO Kimia). Sesampainya di lokasi, kegiatan Upgrading dibuka dengan sambutan dari Ketua HMJ Kimia yang bernama Pradita Rahmadhani, perwakilan dari Sie Acara serta dipandu oleh demisioner yang bernama Kurnia Cahya Puspita. Tak hanya itu pembagian kamar serta tim permainan mulai diberikan kepada peserta. Acara tersebut berlanjut ke Jelajah Siang, Jelajah Siangnya adalah mencari bendera sesuai dengan warna dari tim di sekitar Villa Cemara dan menemukan clue untuk dapat berlanjut ke babak berikutnya. Jelajah Siang tak hanya di Villa Cemara tetapi juga keliling ke rumah warga untuk menemukan bendera. Bendera terakhir berada di sungai yang tak jauh dari villa. Esensi dari jelajah siang ini terjalinnya kekompakan antar anggota tim, saling percaya, mengenal lebih dekat dengan warga sekitar dan sebagainya.
 Persiapan sebelum keberangkatan                 

Sambutan Ketua HMJ Kimia 2016

Pembagian Kelompok Permainan

 Sambutan dari Demisioner

Mengumpulkan clue permainan                

Pada sore harinya mendapatkan materi tentang Solidaritas dan Totalitas dari demisioner. Tak hanya materi saja kita bisa sharing mengenai kesulitan yang dihadapi selama di HMJ Kimia. Malam harinya ada acara Malam Keakraban. Malam Keakraban meliputi Api Unggun, menampilkan sebuah pensi dari tiap kamar, dan ada ice breaking. Seru banget kan? Pasti seru dong. Sebelum tidur semuanya, ada acara Sharing Antar Pengurus HMJ Kimia. Sharing tersebut mengenai materi yang disampaikan pada sore harinya atau apapun yang selama berada di HMJ Kimia suka maupun duka. 

Saat materi yang disampaikan Demisioner
 Api Unggun

Penampilan pensi setiap kamar


Hari Kedua, pagi hari jam 6 diadakan senam pagi. Senam pagi sangat bermanfaat bagi tubuh kita, semua pengurus dianjurkan untuk mengikuti senam pagi. Setelah itu, acara Outbond yang dipandu oleh demisioner yang bernama Kurnia Cahya Puspita dan Dhigi Yhogie. Permainan pertama yaitu mencari kelereng di dalam kolam, permainan ini butuh anakoling antar tim. Setelah mengambil kelereng, membawa air ke botol dengan kain yang diberikan Sie Acara. Esensi dari permainan ini adalah anakoling, menjaga kekompakan, hati-hati dalam bertindak. Permainan kedua yaitu salah satu orang di tim berjalan tidak boleh mengenai tanah sekalipun, lalu meloncati susunan tali serta masuk ke kotak tali tanpa tersentuh. Semakin kesini semakin seru permainannya, esensi dari permainan kedua yaitu saling menjaga kekompakan, percaya satu sama lain, harus berani mengambil resiko. Akhir dari Outbond tersebut berjalan menuju Air terjun yang berada jauh dari Villa. Semua masuk kedalam air tersebut dan ada yang berenang. 
 Senam Pagi

 Outbond ke-1

 Mencari kelereng di kolam

 Outbond ke-2

 Bagian 2 dari Oubond ke-2

 Berenang ke air terjun

 Sharing antar demisioner dengan pengurus HMJ Kimia 2016                

Acara penutupan dengan Sharing antar demisioner-demisioner. Kita diberi bekal untuk bisa memaksimalkan program kerja yang akan dihadapi berikutnya serta sharing pengalaman-pengalaman selama berada di HMJ Kimia. Kita saling bertukar pikiran antar pengurus sekarang dengan demisioner.  Tidak terasa waktu bergulir begitu cepat, hingga waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB. Maka mau tidak mau acara upgrading ini harus ditutup. Dengan adanya kegiatan upgrading ini diharapkan semoga kita lebih matang dan dewasa dalam berorganisasi dan berpikir, menambah bekal pengalaman kita dalam berinteraksi dengan orang lain, dan yang terpenting dapat memajukan dan mengharumkan nama HMJ Kimia Unesa dan Indonesia tentunya. Upgrading, have you upgraded ? Upgrade Solidarity and Totality Team Work. Kimia SATU HATIII!!!!

No comments:

Post a Comment