WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Saturday, September 10, 2016

DIKLAT PEMBELAJARAN

Pada hari Minggu tanggal 4 September 2016 alhamdulillah Pendidikan latihan atau yang biasa di sebut DIKLAT  terselenggara dengan sukses dan lancar. Pendidikan latihan ini di tujukan untuk para guru atau calon gurudapat mengatur dan melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru. Dengan tema yanng di ambil yaitu “Peningkatan Profesionalitas Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Mengembangkan Mutu Peserta Didik dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Indonesia Berkualitas. Banyak para guru yang berpartipasi untuk datang menghadiri acara ini tidak hanya dari Jawa Timur ternyata ada yang dari luar pulau Jawa. begitu juga dengan mahasiswa-mahasiswanya yang tidak mau kelewatan untuk berpartisipasi dalam acara ini. Acara DIKLAT ini di buka oleh MC tepat pada pukul 08.00 WIB. Kemudian di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars unesa yang dilakukan dengan khidmat oleh para peserta DIKLAT. Lalu dilanjutakan dengan sambutan dari Ketua pelaksana DIKLAT dan juga sambutan dari ketua Jurusan Kimia FMIPA UNESA sendiri bapak Prof.Dr. Suyatno, M.Si.

                       Pemateri yang pertama adalah Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, M.Pd

Acara yang pertama adalah penjelasan tentang pengertian PTK dan bagaimana cara melaksanakannya kepada tiap-tiap kelas yang di sampaikan oleh pemateri yaitu bapak Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, M. Pd dengan moderatornya yaitu Ibu Kusuma dan pengawas Pak Rusly. Setelah penjelasan selesai di buka sesi tanya jawab dimana sesi tanya jawab pertama di  buka untuk 4 orang pertama dan di kasih kenang-kenangan oleh panitia. Setelah beberapa jam acara di lanjutkan dengan coffe break yaitu para peserta dapat menikmati  makanan dan kopi/teh  yang di sediakan oleh panitia coffe break itu biasa di sebut istirahat sejenak bagi para peserta untuk memulai acara yang selanjutnya.


                                                          Sesi tanya jawab pertama


                                                         Sesi tanya jawab pertama


                                                             Acara Coffe Break 

Memasuki  acara inti yang paling di tunggu-tunggu adalah penyusunan proposal PTK. Para guru di bagi dalam beberapa kelompok sedangkan mahasiswa ada yang bergabung dengan kelompok guru dan ada juga yang membuat kelompok sendiri. Pembuatan proposal ini  didampingi langsung oleh Ibu Kusuma, Pak Rusly dan bapak Muslimin dan para peserta dapat bertanya sesuatu yang kurang dimengerti. Proposal tersebut di kumpul 2 minggu setelah DIKLAT dengan di kumpulkannya proposal maka para peserta dapat memperoleh sertifikat dari DIKLAT.  


                                            Kelompok penyusunan proposal ATK


                                       Penyerahan Vendel kepada Bapak Muslimin

Dan pada pukul 13.00 WIB tiba pada acara penutup disertai dengan doa. Dan alhamdulillah acaranya berjalan lancar dan sukses. Semoga dengan adanya DIKLAT ini dapat membentuk guru-guru yang berkarakter sehingga dapat menjadikan peserta didik yang berprestasi. KIMIA “SATU HATI”

No comments:

Post a Comment