WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Sunday, January 13, 2013

Be a Good Organizer with LKMM - TD

 
Salam satu hati! 

Guys, ORMAWA-J Kimia telah berhasil mengadakan kegiatan Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa Tingkat Dasar atau yang lebih dikenal sebagai LKMM-TD Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Kegiatan yang dilaksanakan pada 21 - 23 Desember 2012 ini telah berhasil menjaring 60 peserta. Uniknya, meski tanggal kegiatan ‘mepet’ dengan minggu tenang pra-UAS, namun antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan yang sekaligus menjadi tiket masuk HIMA 2013 ini luar biasa dan layak mendapat ucapan WOoW ....




Acara LKMM-TD ini diawali dengan upacara pembukaan yang berlangsung tenang. Kemudian semua peserta dipersilahkan melakukan pengecekan registrasi dan pembagian kelas. Peserta terbagi menjadi 2 kelas dengan kuota 30 orang per kelas. Setiap peserta duduk berdasarkan kelompok yang telah ditentukan oleh panitia.


Acara selanjutnya adalah pembuatan kontrak belajar yang dipandu oleh PJ masing-masing kelas yang berlangsung seru. Namun yang tak kalah seru adalah pemberian materi oleh masing-masing pasangan pemandu. Berikut adalah daftar pasangan pemandu beserta materi yang dibawakannya :


No.
Pemandu/Pemateri
Materi
Kelas A
Kelas B
1.
Lailatul M. dan Nugroho Wahyu P.
Akhmad Fauzi dan Devi Wahyuningtyas
·         Motivasi
·         Anakoling & Perumusan Gagasan Awal
2.
Akhmad Fauzi dan Devi Wahyuningtyas
Lailatul M. dan Nugroho Wahyu P.
·         Tolok Ukur & Perencanaan Jadwal Kerja
·         Kepanitiaan & Komunikasi Antar Unit Kerja
3.
Arysta dan Fitria I.
Indah Susi dan Esa
Administrasi dan Keuangan
  


Serta materi Leadership yang diberikan oleh Nugroho selaku Ketua BEM-J Kimia Unesa 2012 dan materi Mekanisme Sidang yang diberikan oleh Sanji Nanang R. selaku Ketua DLM-J Kimia Unesa 2012. Semua peserta sangat bersemangat mengikuti materi-materi tersebut karena selain materi yang diberikan keren-keren dan bermanfaat juga pematerinya menyampaikan dengan enjoy dan interaktif. Tak jarang peserta yang bertanya pada sesi tanya jawab. Pertanyaannya pun diluar dugaaan karena pertanyaan tersebut sangat bagus dan intelektual, begitu kata salah satu pemateri.



Antusiasme Peserta Mengikuti Materi



Kegiatan LKMM-TD tidak hanya berlangsung di dalam kelas namun juga di luar kelas misalnya acara sharing alumni dan jelajah malam. Sekitar 20 orang alumni maupun demisioner ORMAWA-J Kimia Unsa menghadiri acara sharing alumni ini. Sharing yang diberikan seputar motivasi dan pengalaman-pengalaman bagus yang mereka jalani berkat keikutsertaan mereka dalam organisasi di lingkungan kampus maupun di luar kampus. Intinya, pengalaman berorganisasi memberikan pelajaran lebih untuk mereka dalam menjalani kerasnya dunia kerja daripada mahasiswa lain yang hanya berbekal kuliah saja. Para alumni juga mengisi acara jelajah malam dimana peserta ditatar lagi baik dari segi pengetahuan dan mental. Juga ada kegiatan outbond pada hari Minggu guna menambah tali persaudaraan dan kekompakan peserta.

Saking kerennya LKMM-TD Kimia ini beberapa peserta dari luar jurusan kimia memberikan kesan yang baik bagi kita.

“Disini saya mengenal arti organisasi yang sebenarnya dan kandungan kekeluargaan yang jarang ada di jurusan saya.” Ucap salah seorang peserta dari jurusan Geografi.

Wahhh…gimana-gimana? Seru kan? Seru dong terutama buat kamu yang haus akan pengetahuan lebih dan senang berorganisasi, kegiatan ini dapat menjadi wadah yang bagus. Tenang saja, insyaallah LKMM-TD dilakukan setiap tahunnya. So, buat kamu yang belum ikut, tahun depan bisa berpartisipasi, right?

Semoga ilmu yang diberikan selalu bermanfaat dan kegiatan ini makin keren kedepannya.

No comments:

Post a Comment