WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Friday, January 11, 2013

Pembahasan Soal UAS season 2

Setelah sukses  di acara pembahasan soal kimia pertama yang diadakan pada tanggal 26 mei 2012. Kali ini untuk yang kedua kalinya BEMJ KIMIA mengadakan acara serupa yang bertajuk “Pembahasan Soal Kimia 2012”. Dengan mengangkat tema “UAS cemerlang, Prestasi Gemilang”, pembahasan soal kimia untuk masyarakat kimia angkatan 2011 dan 2012 Jurusan Kimia Unesa ini diadakan pada tanggal 18 November 2012 pada pukul 08.00 WIB bertempat di Gedung C12 untuk angkatan 2012 dan di Gedung C10 untuk angkatan 2011. Pembahasan soal menghadirkan 11 pemateri dengan 11 mata kuliah yang dibahas.

Sebelum opening acara, peserta melakukan registrasi dan mendapatkan soal sesuai mata kuliah angkatannya sekaligus mendapatkan snack serta air mineral. Acara pembukaan pembahasan soal kimia ini dengan adanya pembacaan doa dimasing-masing ruang yang dipandu oleh masing-masing pemateri pada jam pertama. Pembukaan pembahasan soal kimia ini, tidak dilanjutkan dengan sambutan Ketua Jurusan Kimia dan Ketua BEMJ Kimia dikarenakan kondisi peserta yang berada dibeberapa ruang yang berbeda-beda. Setelah acara pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan pembahasan soal untuk materi pertama. Pada pembahasan soal kimia kali ini, waktu per mata kuliah yang dibahas yaitu 75 menit dan 10 menit untuk break perpindahan mata kuliah. Acara pembahasan berlangsung sangat tertib dengan pemateri yang unyu-unyu. Unyu-unyu?? Lucu-lucu sih iya...hehehe... Setelah 2 mata kuliah yang dibahas, diberi waktu istirahat selama setengah jam. Saat acara, terlihat kefokusan peserta yang ditandai dengan adanya tanya jawab singkat antar peserta dan pemateri. Tak jarang, pesertapun banyak yang berguyonan dengan pemateri saat pembahasan soal berlangsung. Tapi untunglah itu semua masih bisa ditangani oleh pemateri dan panitia.
 
Acara ini tidak berlangsung lama, pada pukul 15.00 WIB penutupan dilakukan pada masing-masing ruang oleh pemateri. Berikut adalah komentar dari ketua pelaksana yaitu saudara Rendy, “acara pembahasan soal ini ya bagus karena ni acara  buat masyarakat kimia sendiri. Yang perlu ditingkatkan hanya dari segi kepanitiaan, antusias masyarakat dan materi yang diberikan”. Ada juga perwakilan dari peserta yang menyampaikan uneg-unegnya, peserta mengharapkan untuk beberapa pemateri jangan terlalu serius saat pembahasan soal karena sedikit guyonan itu penting biar tidak jenuh. Tidak jenuh?? Gimana kalo habis guyonan, sapa tau ada yang cinlok sama pematerinya?? Kayak kata penyair, dari guyonan langsung turun ke hati. Nah lho?? hehehe. Peserta lainnya juga berkomentar, acara pembahasan soal membawa manfaat yang luar biasa sekali karena dengan adanya pembahasan soal, peserta jadi tau gimana model soal yang diujikan di tahun-tahun sebelumnya, dan juga tau cara menjawabnya karena dijawab bersama sama, pokoknya pembahasan soal kimia sip deh dan harus lanjut terus. Yah kita tunggu gebrakan Pembahasan Soal Kimia di tahun 2013 ini. Ditunggu saja yaa... hehehe...

No comments:

Post a Comment