WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Tuesday, May 7, 2013

SARASEHAN I


Apa itu BOPTN ? untuk siapakah BOPTN ? dari manakah dana BOPTN ? maraknya wacana tentang BOPTN menarik perhatian kita untuk dijadikan sebagai topik bahasan dalam kegiatan “Sarasehan I”. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan informasi lebih jelas kepada mahasiswa tentang BOPTN.

BOPTN merupakan bantuan biaya dari Pemerintah yang diberikan pada perguruan tinggi negeri untuk mengemban misi keterjangkauan layanan pendidikan tinggi.

Sarasehan I yang dilaksanakan di C3.01.03,dengan topik BOPTN diikuti oleh mahasiswa jurusan kimia sebagai perserta sarasehan serta para dosen sebagai narasumber. Acara yang dilakukan setiap enam bulan yaitu dimulai tepat pukul 16.00 WIB dan berakhir pukul 17.30 WIB. Pembukaan diisi dengan sambutan dari ketua pelaksana, Andika Pramudya W dan Ketua Jurusan Kimia, Bapak Suyatno.


Prof. Dr. Suyatno, M.Si (Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unesa)



Pada Sarasehan I Himawa-J Kimia 2013 terdapat sesi sharing dan tanya jawab. Sesi ini terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi I dan sesi II. Para peserta sarasehan antusias dan aktif dalam bertanya perihal BOPTN pada sesi I, meskipun dana BOPTN nanti hanya diperuntukkan untuk mahasiswa  angkatan 2013. Dan pada sesi II juga terdapat beberapa pertanyaan lain diluar topik BOPTN namun masih seputar jurusan Kimia.

Peserta Sarasehan I

Bapak Ibu Dosen Kimia FMIPA Unesa

Berikut hasil dari Sarasehan I: 

Sesi Tanya jawab Mahasiswa-Dosen:

1. (Amrul 2011) Mengenai kejelasan turunnya BOPTN, Apakah sudah turun?

Bapak Suyatno:
Jurusan belum mengetahui kapan turunnya BOPTN lebih jelasnya. Tapi dari pihak jurusan akan mengupayakan seawal mungkin agar BOPTN segera turun. BOPTN Berupaya untuk membantu untuk meningkatkan kualitas PTN dengan BOPTN. Akan tetapi terlebih dahulu meminta setiap PTN untuk memberitahukan UKT (Uang Kuliah Tunggal)
Untuk UNESA-jurusan kimia Unit cost- per mahasiswa 7.8 juta per semester untuk mahasiswa pend, kalau murni 9 juta/semester. 
- Pendidikan kimia @mahasiswa yaitu 7,8 juta/ semester dengan kualitas yang bagus
- Kimia murni @mahasiswa yaitu 9 juta/semester 
Dari unit cost yang sudah dirancang maka telah diusulkan UKT/semester maka kekurangannya ditambah oleh pemerintah melalui BOPTN. BOPTN berlaku untuk mahasiswa angkatan 2013.

5 kategori UKTuntuk mahasiswa pendidikan kimia Unesa :
1. Yang harus dibayar mahasiswa kemitraan → 4,32 juta/ semester
2. Yang harus dibayar mahasiswa SPMB II → 3,51 juta/ semester
3. Yang harus dibayar mahasiswa SPMB I → 2,7 juta/semester
4. Yang harus dibayar mahasiswa Regular → 2,29 juta/semester
5. Tidak membayar sama sekali untuk mahasiswa bidikmisi

5 kategori UKT untuk mahasiswa kimia murni Unesa:
1. Yang harus dibayar mahasiswa kemitraan →4,8 juta/semester
2. yang harus dibayar mahasiswa SPMB II →3,9 juta/semester
3. yang harus dibayar mahasiswa SPMB I → 3,2 juta/semester
4. yang harus dibayar mahasiswa Regular → 2,5 juta/semester
5. tidak memabayar sama sekali untuk mahasiswa bidik misi

2. (Amrul 2011) Bagaimana pengarunya dengan BPKP?
BPKP sudah termasuk dalam UKT.

3. (Amrul 2011) bagaiman mekanisme turunnya dana BOPTN?
Uang yang turun dari pemerintah akan turun lebih dahulu pada universitas, ditingkat universitas dana akan dipotong oleh universitas sesuai dengan kebutuhan universitas dan kemudian diturunkan pada tingkat fakultas yang akan dipotong dana-dana yang dibutuhkan oleh fakultas dan nantinya akan diturunkan pada tingkat jurusan jika ada sisa

4. (Veni 2011) Apa pengaruhnya BOPTN terhadap anak bidik misi? 
Tidak ada hubungannya =kategori nol

Bu Dian
Tiap universitas memiliki tim pengembang untuk menyusun unit cost. 
Unit cost yg digunakan pemerintah adalah biaya operasional dari universitas berlaku untuk mahasiswa 2013. Untuk mahasiswa lama tetap dengan pembayaran seperti dahulu. 
Unesa belum menentukan UKT. Unesa menguslkan 5 kategori ukt.
Biaya wisuda juga dihitung tiap tahunannya. Untuk kejelasan , BOPTN Belum turun di jurusan.

Bu Nunik :
Kami masih meraba-raba tentang BOPTN. 
Apakah unit cost- anda sudah paham?
Kalau membayar secara ideal biaya yang dibutuhkan oleh tiap mahasiswa dalam satu semesternya untuk murni 9 juta membayar 2.7 juta sesuai dengan UKT, dan sisanya ditanggung BOPTN. UNTUK PENDIDIKAN 7,8 JUTA. Mahasiswa hanya membayar 2.7 juta. 
Untuk mahsiswa bidik misi dinolkan tidak ikut memebyar UKT. Untuk tiap univ UKT BERBEDA. (sesuai dengan UKT yang diusulkan oleh jurusan) Didalam UKT sudah terdapat biaya SPP, BPKP, dan SDP yang diakumulasikan selama 8 semester dan dibagikan terhadap tiap semester sehingga diketahui biaya UKT yang harus dibayarrkan tiap semesternya


4. Bahrul Ulum: terkait pengkaderan, apakah untuk pengkaderan biayanya juga disisipkan dari BOPTN?


Bapak Suyatno:
Bisa diliat di slide ppt. point 6 kegiatan kemahasiswaan 

Pak Rusli
sudah ada unit cost.nya sendiri untuk LKMMTD dan PKKMB. 

Bu Dian: 
boptn juga dipotong untuk LPPM. Uang BOPTN turun dari Jakarta kepada univ ke fakultas- jurusan. 

5. (Fajar 2010) : Saya mengapresiasi kepada jurusan Kimia karena kinerjanya sangat bagus dibanding tahun lalu. Diliat dari kepengurusan LAB, dan bila dibandingkan dengan univ lain yang BELUM ADA PELATIHAN PKL sedangkan Unesa sudah ada. Sehingga banyak dari mahasiswa yang sudah mendapat tempat untuk PKL dibandingkan dengan mahasiswa kimia dari universitas lain.

Kesimpulan:
BOPTN merupakan bantuan yang masuk pada universitas mengingat biaya yang seharusnya dibayarkan mahasiswa tiap semesternya untuk prodi murni adalah 9 juta dan pendidikan adalah 7,8 juta. Dengan adanya sistim pembayaran yang baru dengan UKT maka jurusan memberikan kebijakan dengan membebankan biaya UKT untuk tiap semesternya bagi mahasiswa:
Jalur / Program Studi S1-Pendidikan Kimia S1-Kimia
Kemitraan Mandiri 4.320.000 4.800.000
SPMB II 3.510.000 3.900.000
SPMB I 2.700.000 3.200.000
Regular 2.290.000 2.500.000
Bidik Misi Gratis Gratis

Biaya yang dibebankan pada mahasiswa tersebut sudah termasuk SPP, SDP dan BPKP. BOPTN yang diturunkan pada perguruan tinggi negeri menyebabkan biaya yang awalnya mencapai 9.000.000 bagi mahasiswa S1-Kimia dan 7.800.000 bagi mahasiswa S1-Pendidikan Kimia berkurang mencapai tabel usulan dari jurusan diatas. Untuk sistematis jalannya dana BOPTN jurusan masih belum tahu namun dapat diperkirakan bahwa uang akan turun terlebih dahulu pada universitas yang kemudian akan dipotong dengan biaya yang dibutuhkan oleh universitas kemudian turun ketingkat fakultas yang akan kembali dipotong untuk kepentingan fakultas dan sisanya yang akan diturunkan pada tingkat jurusan atau prodi.
-z






No comments:

Post a Comment