WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Saturday, June 8, 2013

ECCO BUSINESS PLAN 2013 JURUSAN KIMIA FMIPA UNESA

Sabtu (18/5) Jurusan Kimia FMIPA Unesa menyelenggarakan program kerja tahunan yaitu ECCO BUSINESS PLAN pukul 08.00 WIB di Gedung C10. Kegiatan yang diprakarsai oleh  Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia ini adalah acara puncak untuk mempresentasikan proposal yang lolos dalam penyeleksian proposal rencana bisnis pada tanggal 4-13 Mei 2013.
Terdapat 10 proposal Business Plan yang diambil dari penyeleksian awal, dengan anggota 3-4 orang tiap kelompoknya. Peserta yang mengikuti lomba ECCO (Enterpreuner Chemistry Competition) adalah para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok dari 5 kelas yang sedang memangku mata kuliah kewirausahaan.
Penilaian dilakukan oleh dewan juri yaitu, Dr. Titik Taufikkurohmah selaku dosen mata kuliah kewirausahaan dan Dr. I Gusti Made Sanjaya Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Terdapat beberapa kriteria penilaian yang harus dipresentasikan oleh kelompok finalis diantaranya, tujuan, visi-misi, struktur organisasi, analisis produksi, analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), dan analisis pasar serta analisis resiko.
Beberapa proposal yang digagas oleh para kelompok finalis, memanfaatkan bahan-bahan alami ataupun bahan-bahan yang sudah tidak digunakan disekitar kita dan juga memanfaatkan lahan pasar yang tersedia. Tuntutan jiwa entrepreneurship di era modern ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi yang dimiliki para mahasiswa Kimia Unesa.
Program kerja rutinan dari departemen Kewirausahaan Himawa-J Kimia FMIPA Unesa ini, memiliki empat tujuan yaitu :
1.)          Sebagai sarana untuk memperoleh dan memperluas wawasan kewirausahaan.
2.)          Menumbuhkan daya pikir, jiwa kreativitas, dan kewirausahaan mahasiswa.
3.)          Menumbuhkan sikap optimis, bertanggungjawab, dan percaya diri para mahasiswa.
4.)          Dan mewujudkan SDM berkualitas.

Diharapkan kreativitas dan inovasi tidak berhenti di atas lembaran kertas saja, namun dapat dikembangkan pengaplikasiannya di dunia luas yang lebih kompetitif.

No comments:

Post a Comment