WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Tuesday, May 7, 2013

Pengabdian Masyarakat Himawa-J Kimia 2013


Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan program kerja dari departemen Humas Himawa-J Kimia 2013  dan sasaran nya sendiri adalah langsung kepada masyarakat . Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat merupakan wujud kepedulian jurusan Kimia untuk senantiasa berpartisipasi dalam pengembangan kualitas masyarakat. 

Mahasiswa sebagai kaum akademisi memiliki peran penting dalam masyarakat, terutama dalam melahirkan strategi, ide dan pemikiran yang inovatif untuk membantu masyarakat.

Untuk hal itulah mahasiswa Kimia Unesa ada untuk  menyelenggarakan sebuah bakti sosial dan mengajar bersama sebagai sarana pengabdian masyarakat. Walaupun dengan dana seadanya namun tetap harus bisa memberikan manfaat yang sedemikian banyaknya, lewat satu pengabdian namun harus menebarkan sejuta manfaat. Untuk itulah kreatifitas dan inovasi benar-benar dibutuhkan dalam mengonsep sebuah bakti sosial ini. 

Untuk menambah dana tersebut kami mengadakan penggalangan dana di sekitar Unesa. Dana yang terkumpul sejak 29 April 2013 sebesar Rp 2.125.000,00. Uang yang terkumpul digunakan untuk membeli 150 bungkus nasi, snack, dan mainan yang dibagikan pada hari H pelaksanaan Pengmas yaitu Minggu, 5 Mei 2013. Selain itu panitia juga menerima sumbangan berupa pakaian layak pakai.

Rundown dari Pengmas 2013 ini adalah pada pagi hari panitia dibagi menjadi 2 kelompok dan mereka bertugas membagikan nasi bungkus dan pakaian layak pakai di 2 lokasi di Surabaya yakni Gubeng dan Keputih.

Setelah semua nasi bungkus dan pakaian selesai dibagikan, panitia kembali ke kampus untuk mengadakan sharing dengan pihak SSC (Save Street Child) Surabaya. Informasi mengenai SSC Surabaya dapat dilihat lebih lengkap di http://sschildsurabaya.org/ . Panitia melakukan sharing karena pada sore hari akan melakukan kegiatan bermain dan belajar dengan adik adik dari SSC Surabaya. banyak pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan belajar dan bermain tersebut. Bagaimana kita beradaptasi dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini benar-benar menyenangkan memberikan banyak manfaat. Oleh karena itu, dengan segala potensi dan fasilitas yang ada mahasiswa harus menjadi tonggak pengabdian masyarakat. Dengan intelegensia, kreatifitas, dan kepemimpinan yang tinggi apalagi dengan didukung fasilitas dan wadah yang memumpuni dari kampus, mahasiswa memiliki peran penting dalam pengabdian masyarakat. Apapun bentuk peranannya, mahasiswa dalam merancang gerakan pengabdian masyarakat semestinya memperhatikan segala aspek yang terkait dengan gerakan tersebut dan efeknya.

Kita mahasiswa harus bisa menciptakan sebuah pengabdian yang mampu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat. Dari hati, mari berbagi untuk masa depan.

KIMIA, SATU HATI!

Penggalangan Dana

Penggalangan Dana

Pembagian nasi bungkus dan pakaian layak pakai di Keputih

Lokasi di Keputih

Panitia dan warga Keputih

warga Keputih

Warga Keputih

Pembagian nasi bungkus

Pembagian nasi bungkus

Lokasi Pengmas

Lokasi Pengmas

Lokasi Pengmas

Lokasi Pengmas

Pembagian pakaian layak pakai

Sharing dengan SSC Surabaya

Kakak kakak SSC Surabaya

Kakak kakak SSC Surabaya

Pembagian pakaian layak pakai di Gubeng

Pembagian nasi bungkus di Gubeng

Belajar dan Bermain dengan adik adik SSC Surabaya

Belajar dan Bermain dengan adik adik SSC Surabaya
-z

2 comments: