WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Thursday, March 20, 2014

CHEMIST 2013......solid, pro-aktif, dan kompeten-yess

Salah satu Program Kerja besar di Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia (selanjutnya disingkat HMJ Kimia) adalah Ospek Jurusan Kimia. Program Kerja satu ini rutin diadakan setiap tahun sebagai acara kaderisasi mahasiswa baru agar berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa. Ospek Jurusan Kimia ini diberi nama “CHEMIST” yang merupakan akronim dari “Chemistry Motivation and Soft skill Training”. Tema yang diamibil untuk chemist 2013 yaitu ”Pelatihan Soft Skill Guna Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter, Solid dan Berjiwa Sosial”.
Selama kurang lebih tiga bulan acara chemist dipersiapkan dengan matang. Hal ini bertujuan agar “regenerasi unggul” serta terwujudnya mahasiswa berkarakter, solid dan berjiwa sosial seperti yang tercantum pada tema dapat tercapai. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, chemist yang berjalan selama satu semester ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu pra-chemist, chemist dan pasca chemist.
Acara pra-chemist adalah tahap awal dari rangkaian acara chemist. Dimana saat pra-chemist mahasiswa baru akan dikenalkan dengan profil jurusan kimia, anggota HMJ Kimia 2013 serta dipandu untuk mengisi SIAKAD secara online. Acara pra-chemist juga dapat membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan jurusan kimia. Pada acara pra-chemist peserta diberi pembekalan materi dan tugas-tugas yang harus diselesaikan sebagai persiapan menuju acara inti yaitu chemist di Jombang.  
Tahap selanjutnya sekaligus tahap inti dari ospek jurusan kimia adalah “Chemist” yang diselenggarakan di satuan  Radar 222 AURI, Jombang. Tepatnya di Jl. Raya Jombang Babat Km 20, Jombang, Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dua malam yang diikuti 111 mahasiswa baru, 76 panitia, 2 Dosen Pembimbing, dan kakak – kakak alumni jurusan kimia.
            Sampai di TKP, seluruh peserta melaksanakan serangkaian acara yang sudah disusun rapi oleh panitia. Peserta mengikuti rangkaian acara ini dengan penuh semangat, walaupun tetap ada beberapa peserta yang tumbang karena kelelahan. Pada acara chemist serangkaian acara yang diikuti peserta antara lain; pembekalan materi tentang Jiwa Kepemimpinan, Karakterisasi dan Potensi Diri, makan bersama, penjelajahan, inagurasi, renungan malam, dan outBond. Kekompakan mahasiswa baru 2013 menjalankan serangkaian kegiatan pada acara Chemist mampu menunjukkan hasil yang baik, Mahasiswa Baru 2013 sudah mulai terbentuk menjadi mahasiswa yang solid, pro-aktif, dan competent.
Setelah dari Jombang, bukan berarti acara chemist telah berakhir. Masih ada tahap akhir yaitu pasca chemist. Pada acara pasca chemist mahasiswa baru 2013 semakin dimantapkan dengan pemberian materi diskusi ilmiah dan karakter, IKAHIMKI, temu alumni serta kewirausahaan. Selesainya rangkaian chemist ditutup pada hari Minggu 24 November 2013 dengan upacara penutupan, bermain-main dan berkotor-kotor ria serta “welcome party maba 2013” pada malam harinya.

No comments:

Post a Comment