WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Monday, January 18, 2016

ARTIKEL LKMM-TD

Materi LKMM - TD

Acara LKMM-TD 2015 yang diselenggarakan oleh HMJ Kimia FMIPA UNESA pada tanggal 11-13 Desember 2015 bertempat di Balai UPTK 3 Jalan Menanggal Surabaya berlangsung khidmat. Eciye khidmat, emangnya upacara? Tapi memang ada upacaranya sih, upacara pembukaan dan pengondisian sebelum melakukan perjalanan menuju tempat diadakannya LKMM-TD kali ini. Acara ini dihadiri oleh semua panitia HMJ Kimia, Mahasiswa Baru Jurusan Kimia sebagai peserta dan para Demisioner Jurusan Kimia. Semua peserta dan panitia berjumlah kurang lebih 120 mahasiswa.
Para peserta sampai di tujuan pukul 17.30 WIB. Setelah meletakkan barang-barang bawaan mereka, mereka mendapatkan soal-soal pre-test yang berkaitan dengan materi-materi tentang LKMM-TD. Acara selanjutnya yaitu ishoma. Waktu tersebut digunakan para peserta untuk sholat maghrib dan sholat isya’. Setelah itu, para peserta memasuki kelas dan mendapatkan makan malam. Hmm enak, habis makan jangan lupa minum lhooo. Acara yang selanjutnya yaitu penyampaian materi tolok ukur dan perencanaan kerja oleh Aprianto dan Dinda Diana Rosa. Pemateri menjelaskan materi tersebut melalui permainan. Beberapa peserta ditunjuk untuk menjelaskan apa itu tolok ukur (maksudnya sih, agar para peserta nggak ngantuk, maklum emang udah malem hihi). Setelah materi disampaikan, terlihat keaktifan para peserta melalui pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Ternyata para pesertanya banyak yang nggak ngantuk. Kereeenn!!. Lalu pemateri mengarahkan para peserta untuk berkumpul sesuai dengan pembagian departemen sebelumnya. Mereka mendapatkan tugas untuk membuat suatu program kerja beserta tolok ukur. Diskusi yang dilakukan nampaknya cukup sengit. (sengit? Memangnya permainan sepak bola? :D). Mereka terlihat sangat serius dalam mendiskusikan program kerja apa yang akan dilakukan. Mereka juga dibantu oleh beberapa panitian yang memantau jalannya acara.
Game LKMM - TD
Game LKMM - TD
Hari selanjutnya yaitu hari apa hayo? Kalau kemarin jumat berarti selanjutnya hari Sabtu :D. Pagi hari setelah sholat subuh, Para peserta melaksanakan olahraga pagi. Terlihat semangat sekali, namun penulis tidak dapat mengikuti olahraga karena sibuk membuat artikel. Setelah itu, para peserta bersih-bersih diri alias mandi, lanjut menuju kelas untuk mendapatkan materi yang ketiga dan keempat. Materi ketiga berisi tentang administrasi dan keuangan. Sedangkan materi keempat tentang teknik penyusunan kegiatan dan penugasan lalu sarapan. Mereka mendapat tugas untuk membuat proposal yang di dalamnya juga terdapat anggaran dana yang telah ditentukan dari pemateri. Tidak hanya itu, nantinya mereka juga harus membuat SPJ (Surat Pertanggungjawaban) yang berisi penggunaan dana sebenarnya yang juga dilampirkan dengan rincian dana di proposal. Selanjutnya ada Ice breaking dari panitia. Para peserta diminta untuk meletakkan telunjuk tangan kanan mereka pada telapak tangan kiri peserta lain yang terbuka. Saat panitia membaca “nanas”, mereka harus segera menutup telapak tangan kiri mereka. Ternyata ada beberapa yang jari telunjuknya tertangkap telapak tangan kiri peserta yang lainnya. Hmm nggak fokus ya? Masih ngantuk atau masih laper?
Selanjutnya yaitu simulasi sidang. Eh ternyata penulis artikel ini juga ikut menjelaskan materi sidang lhooo, tapi pemateri utama yaitu Hengki Muhammad Akbar. Setelah menjelaskan beberapa hal seperti kelengkapan sidang, istilah-istilah dalam persidangan, sejarah penggunaan palu dalam sidang,dll. Peserta diminta untuk turut aktif dalam simulasi sidang sebagai presidium 1, 2, dan 3 serta peserta penuh dan peninjau. Terdapat dua sidang yaitu sidang sementara untuk menentukan presidium tetap, dan juga sidang pleno yang membahas tentang suatu acara atau permasalahan. Setelah simulasi sidang selesai, panitia membagikan makan siang dan memberikan waktu untuk melaksanakan ishoma. Eee ternyata pas ishoma turun hujan, jadi perjalanan menuju kelas tertunda. Setelah hujan reda, mereka langsung menuju kelas dan mendapatkan materi dari Dhigi Yogi Dewangga dan Achmad Ilyas Fajar Riyadhin. Materi yang disampaikan tentang kepemimpinan yang di dalamnya juga terdapat penjelasan tentang pengendalian dalam kepemimpinan. Seusai pemateri menyampaikan materi, terdapat sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab berakhir, peserta dipersilahkan untuk meninggalkan kelas. Namun, kembali pukul 19.00 WIB untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dalam penyusunan suatu program kerja. Pada pukul 19.00-22.30 para peserta melakukan presentasi program kerja yang diusulkan. Setelah itu, mereka dipersilahkan untuk istirahat.

Post tes LKMM - TD

Memasuki hari selanjutnya yaitu dini hari, mereka dibangunkan untuk mengikuti jelajah malam. Hiiiiyyy (tapi nggak serem sama sekali kok, soalnya tempatnya masih terang-benderang bak sinar matahari :D). Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa pos dan acara selesai tepat pada waktu sholat subuh. (Penulis juga menjaga pos loh, pos konklusi atau motivasi. Hmm penulis juga belajar menjadi motivator layaknya Bapak Mario Teguh sepertinya hehe). Dilanjut seperti sebelumnya, olahraga, sarapan, dan outbond. Kegiatan di hari terakhir ini asyik-asyik semua. Happy-happy lah ya sebelum pulang. Setelah itu, mereka mendapat soal post-test dan pulang. Sekian liputan acara LKMM-TD J

No comments:

Post a Comment