WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Friday, January 15, 2016

Pra Musyawarah Mahasiswa Jurusan (Pra MMJ) II Kimia

Pra MMJ Kimia 2015

Minggu (20/12/2015) Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Unesa menggelar Acara Sidang Pleno Pra MMJ II HMJ Kimia yang bertempat di Gedung C6.04.01 jurusan Kimia FMIPA Unesa. Acara ini dimulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB dan dihadiri oleh anggota HMJ Kimia, DPM, MPK dari angkatan 2012 – 2015 yang berjumlah total kurang lebih 80 mahasiswa. Program kerja yang diangkat pada Pra MMJ II kali ini adalah Olimpiade Kimia, Mentoring, Sarasehan 2, studi banding, dan Pra MMJ I. Acara Sidang Pleno Pra MMJ II HMJ Kimia diketuai oleh saudara Priyanto Budi Laksono dengan mengangkat tema Mewujudkan Organisasi yang Berdedikasi, Berintegritas dan Transparansi untuk Organisator yang Memiliki Loyalitas Tinggi ”.
Acara ini dibuka oleh MC yaitu saudari Ajeng Hayuningtyas dengan bacaan basmalah. Acara pertama yaitu sambutan dari Ketua Pelaksana dan Ketua HMJ Kimia FMIPA Unesa. Setelah itu, dilanjutkan acara Sidang Pleno yang dipimpin oleh Presidium I yaitu saudara Priyanto Budi Laksono dengan anggota yaitu saudara Ahmad Miftahuddin sebagai Presidium II dan sekretaris yaitu Amillatus Sholiha sebagai Presidium III. Sidang Pleno pertama membahas tentang agenda acara dan dilanjutkan Sidang Pleno yang kedua yang membahas tentang Tata Tertib. Dalam pembahasan tata tertib ada sedikit perubahan dan masukan yang bermanfaat untuk kedepannya dari teman-teman MPK, DPM, maupun dari teman-teman HMJ Kimia Unesa sendiri.
Setelah itu, dilanjutkan dengan Sidang Pleno yang ketiga membahas tentang Lembar Pertanggung Jawaban HMJ Kimia FMIPA Unesa. Program kerja yang dibahas pertama adalah Olimpiade Kimia, Program kerja andalan dan terbesar di HMJ Kimia Unesa. Banyak sekali saran yang diterima oleh teman-teman HMJ Kimia dalam mensukseskan program kerja ini untuk tahun depan, baik dari segi kuota dan rayon. Teman-teman MPK memberi saran untuk tahun kedepannya olimpiade kimia dibuka rayon baru untuk bisa mencapai tingkat nasional. Setelah pembahasan program kerja olkim, dilanjutkan acara ishoma dan presidium sidang memberikan estimasi waktu untuk ishoma 1 x 20 menit.
Waktu yang diberikan oleh presidium pun habis, dan dilanjutkan dengan pembahasan program kerja selanjutnya yaitu Mentoring. Kritik untuk program kerja mentoring dari teman-teman DPM dan MPK adalah pada saat rekruitment para mentor dan acuan yang digunakan dalam pelaksanaan mentoring harus lebih dipertimbangkan lagi agar program kerja mentoring ini dapat lebih bermanfaat lagi dan mendapat antusias dari para mentee. Saran untuk kedepannya, dalam memilih mentor harus dipilih dengan sungguh-sungguh dan memilih para mentor yang mempunyai komitmen tinggi dalam menjalankan mentoring. Meskipun progra kerja ini mendapat banyak kritik namun laporan pertanggung jawaban diterima oleh MPK dan DPM dengan revisi.
Setelah pembahasan progja mentoring selesai, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan program kerja Studi Banding, Sarasehan II, dan Pra MMJ I. Alhamdulillah kelima program kerja yang dibahas pada Pra MMJ II kali ini diterima semua dengan revisi 2 minggu. Setelah itu, masuk pada Sidang Pleno keempat yang membahas tentang Laporan Kegiatan dan Keuangan HMJ Kimia. Laporan Kegiatan dan Keuangan HMJ Kimia diterima oleh peserta penuh dengan revisi 2 minggu. Rangkaian sidang pleno berjalan dengan lancar dan tertib, dan diakhiri oleh presidium sidang dengan 3 kali ketukan yang menandakan  bahwa sidang pleno Pra MMJ II telah ditutup.
Pembawa acara membacakan susunan acara selanjutnya, yaitu doa. Doa dipimpin oleh saudara Aprianto, selanjutnya acara ditutup oleh Pembawa acara dengan ucapan terima kasih. Melalui kegiatan Pra MMJ II ini diharapkan mahasiswa kimia bisa mengetahui, memeriksa, dan mengevaluasi perkembangan program kerja HMJ Kimia periode 2014-2015.


No comments:

Post a Comment