WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Thursday, November 3, 2016

SARASEHAN II JURUSAN KIMIA

SARASEHAN II
JURUSAN KIMIA

Sarasehan merupakan suatu wadah untuk menampung aspirasi masyarakat Jurusan Kimia dan ajang tatap muka dengan birokrasi untuk berdiskusi segala sesuatu tentang Jurusan Kimia. Sarasehan II Jurusan Kimia telah dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Oktober 2016 yang bertempat di gedung C5.01.08. Acara tersebut dimulai pukul 16.00 WIB dan selesai pukul 17.15 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Kimia, Sekretaris Jurusan Kimia, Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Ketua Prodi Kimia, Ketua Laboratorium Kimia, Bapak dan Ibu dosen Pembina dan beberapa dosen lain serta mahasiswa jurusan Kimia mulai angkatan 2013 sampai 2016.
Acara tersebut berlangsung dengan lancar dengan tema “Meningkatkan Efektivitas Program Jurusan Kimia Fmipa Unesa Dalam Menyiapkan Diri Untuk Bersaing Di Era MEA”. Acara sarasehan II ini dibuka dan diawali sambutan dari Maria Fransisca selaku Ketua Pelaksana, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Suyatno selaku Ketua Jurusan Kimia.
Dan acara intinya yaitu sesi tanya jawab dari mahasiswa. Banyak mahasiswa yang sangat antusias, ditunjukkan dengan banyak sekali pertanyaan yang diajukan terutama oleh mahasiswa baru bahkan juga mahasiswa lama.  “Semua pertanyaan telah terjawab, namun karena terkendala waktu dan tempat maka tidak semua pertannyaan bisa tersampaikan” begitu kata ketua pelaksana saat diwawancarai. Adapun pertanyaan yang disampaikan yaitu :
SESI TANYA JAWAB 1
1.      Bagaimana transparansi UKT dan SPI ? Mengapa buku praktikum berbayar?
Tanggapan :
Buku praktikum berbayar karena birokrasi jurusan kesulitan mencairkan dana dari pusat. Jurusan diminta untuk memotong dana, karena jurusan adalah aliran terakhir dari penerima anggaran. Kebijakan jurusan untuk semester ini, buku praktikum diupload di vi-learning. Dana jurusan dipotong hampir 90 juta sehingga menjadi 50%. Sedangkan biaya yang dibutuhkan jurusan kimia memang lebih banyak, digunakan untuk praktikum.
2.      Apakah untuk mahasiswa yang sudah mau lulus masih ada tanggungan uang bebas lab ?
Uang bebas lab untuk pemeliharaan laboratorium. Uang bebas lab sebesar 50.000 juga digunakan untuk dana Koas.
3.      Mengapa map laporan praktikum berbayar ?
Map berbayar masih diberlakukan hingga saat ini karena memang tidak adanya dana untuk pemeliharaan laboratorium. Dana hasil dari pembayaran map digunakan untuk membantu mensejahterakan koas.
4.      Ketika rapat kerja Dosen, apakah mahasiswa berhak untuk mengikuti ?
Keikutsertaan mahasiswa maupun anggota Himpunan Mahasiswa dalam rapat kerja dosen masih akan didiskusikan kembali dan akan dikonsultasikan ke Dekan.



SESI TANYA JAWAB 2
1.      Mengapa PKM ketuanya harus semester 5 ?
Sebagai estafet, ada penerus. Karena PKM tahun ini didanai pada tahun depan sehingga dari semester 5 bukan semester 7 lagi karena dari semester sudah ada yang mendapatkan mata kuliah metodologi penelitian.
Untuk anggota dari angkatan yang berbeda agar semua mahasiswa pernah merasakan menjadi anggota dan ketua untuk tahun depan.
Mengapa diwajibkan? beda angkatan dan anggota kelompok ditentukan membuat sulit berkoordinasi.
Kelompok dibentuk oleh jurusan dan diwajibkan agar yang mengikuti dan lolos PKM lebih banyak. Keanggotaan PKM dipilih dari angkatan yang berbeda yaitu 3 angkatan agar pembagian kelompok lebih terorganisir dan banyak kelompok yang terbentuk. Seluruh mahasiswa diikutsertakan dalam penulisan PKM agar seluruh mahasiswa pernah merasakan menulis sebuah proposal. Selain itu mahasiswa juga akan mengalami pengalaman lain, tidak hanya dalam perkuliahan. Waktu untuk berkoordinasi juga telah diberikan oleh pihak jurusan pada hari Jum’at pagi.

2.      Untuk siapa kamar mandi dan musholla di lantai 2?
Untuk mahasiswa yang sebelah selatan. Tapi masih tidak dapat digunakan karena saluran buntu, diusahakan ke fakultas untuk dilakukan perbaikan.
Untuk dosen sebelah utara, sementara bisa digunakan mahasiswa.

Demikian sarasehan II kali ini. Alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses. Semoga dengan adanya SARASEHAN ini dapat membawa jurusan kimia lebih baik lagi, semua keluhan dan aspirasi mahasiswa secara langsung ke pihak dosen maupun pembina agar segera mendapatkan tindak lanjut.(Ed)






No comments:

Post a Comment