WELCOME TO OFFICIAL HMJ KIMIA UNESA BLOG

Wednesday, May 14, 2014

Kunjungan Industri (KI) 2014


Setelah tahun lalu dilaksanakan di PT. Semen Indonesia, tahun ini Kunjungan Industri (KI) kembali diadakan namun di tempat yang berbeda yakni PT. Amerta Indah Otsuka. Salah satu progam kerja departemen Humas ini dilaksanakan pada hari Jumat (25/04/14). Diikuti oleh kurang lebih 75 orang mahasiswa jurusan Kimia khususnya angkatan 2013, didampingi oleh kepala Departemen Humas, Ardi Rofiansyah dan Ketua HMJ-Kimia Ainun Najih serta Bapak Pembina sekaligus Pendamping, Bapak Rusly Hidayah.
Pukul 09.00 WIB peserta KI berkumpul di sebelah gedung C3 untuk registrasi dan apel sebelum keberangkatan. Setelah acara sambutan dari Bapak Ketua Jurusan Kimia, Bapak Suyatno dan doa yang dipimpin oleh Udin, peserta KI langsung menuju bus untuk segera berangkat ke perusahaan yang dirintis oleh keluarga ‘Otsuka’ itu. Karena bertepatan dengan hari Jumat, maka peserta KI berhenti di Masjid ChangHO terlebih dahulu untuk melaksanakan Sholat Jumat dan beristirahat sejenak. Tak lama kemudian perjalanan menuju Industri yang memproduksi minuman isotonik, Pocari Sweat itu pun dilanjutkan.
Sesampainya di PT. Amerta Indah Otsuka, peserta KI disambut baik oleh pihak perusahaan dan dipersilahkan menuju lantai 2 untuk mendapat produk Industri ini langsung dari mesinnya. Tentu hal ini menjadi suatu pengalaman dan pengetahuan baru yang berkesan bagi peserta KI. Tak hanya itu, peserta KI juga mengikuti seminar yang juga telah disiapkan oleh pihak PT. Amerta Indah Otsuka. Mulai dari sejarah perusahaan sampai proses pembuatan semua dipaparkan secara gamblang disini.
Mungkin kurang berkesan jika hanya disampaikan melalui gambar dan diceritakan saja, oleh sebab itu pihak perusahaan pun mengajak peserta untuk berkeliling ke tempat pembuatan produk pocari sweat. Alat-alat canggih serta teknisi-teknisi yang memakai perlengkapan kerja sangat menggambarkan bahwa proses pembuatan produk ini sangat steril. Tentu tidak sedikit bagian dari proses itu yang berkaitan dengan kimia, sehingga salah satu harapan diadakannya KI ini agar mahasiswa  belajar langsung aplikasi dari apa yang telah dipelajari saat kegiatan perkuliahan.
Dan setelah puas berkeliling peserta KI kembali diberikan buah tangan dari PT. Amerta Indah Otsuka. Tak mau kalah, pihak rombongan peserta pun secara perwakilan memberikan sebuah cinderamata sebagai kenang-kenangan untuk pihak perusahaan. Setelah puas berfoto-foto ria, peserta KI segera menuju ke bus dan kembali pulang ke rumah masing-masing.
Kunjungan Industri 2014.

No comments:

Post a Comment